Eurasian Harm Reduction Network

Dampak Buruk Dari Penyalahgunaan Narkoba

Dampak Buruk Dari Penyalahgunaan Narkoba

Dampak Buruk Dari Penyalahgunaan Narkoba – Mendengar istilah narkoba tidak jauh-jauh juga dengan istilah Napza. Narkoba sendiri merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan juga obat terlarang. Sedangkan Napza sendiri merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan juga zat adiktif. Penggunaan narkoba sendiri dilarang di Indonesia. Kecuali dalam beberapa bidang seperti contohnya kesehatan yang sudah memiliki izin khusus. Akan ada dampak ataupun efek buruk yang timbul jika seseorang mengkonsumsi narkoba.

Dan inilah dampak dari penyalahgunaan penggunaan narkoba:

1. Kehilangan keseimbangan tubuh
Dampak penyalahgunaan narkoba yang pertama yaitu kehilangan keseimbangan tubuh. Hal ini dikarenakan beberapa dari jenis narkoba dapat berakibat buruk pada saraf otak dan juga organ keseimbangan yang ada di telinga. Dengan adanya hal tersebut maka keseimbangan tubuh juga akan terganggu. Otak yang memiliki tugas untuk dapat mengkoordinasikan gerakan dari semua anggota tubuh terganggu karena saraf otak terserang dari penggunaan narkoba tersebut. Dengan alasan itu juga banyak kasus di luar negeri yang tidak memperbolehkan para pecandu narkoba ini menyetir atau mengemudi sendiri. Itu juga berlaku di Indonesia.

2. Halusinasi Atau Perubahan Kesadaran
Dampak yang selanjutnya yaitu halusinasi. Dampak ini biasanya di rasakan oleh para pengguna narkoba beberapa jam setelah mereka mengkonsumsi narkoba. Karena mereka berhalusinasi maka para pengguna narkoba cenderung susah untuk dapat fokus dan sulit untuk mengambil suatu bentuk keputusan. Perubahan kesadaran ini juga dapat berakibat pada kesulitan dalam melakukan berbagai macam aktivitas dan juga mengikuti pelajaran. Konsentrasi juga akan terganggu karena kesadaran mulai menghilang.

3. Penyakit jantung
Dampak ketiga dari penyalahgunaan narkoba yaitu dapat menimbulkan penyakit jantung. Meskipun efek yang dirasakan setiap orang yang mengonsumsi narkoba berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Jika dilihat secara umum penyalahgunaan narkoba ini akan berakibat pada peningkatan frekuensi dari denyut jantung. Hal ini akan berakibat pada irama jantung yang mulai tidak teratur. Efek buruknya juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah serta peningkatan tekanan darah. Dengan berbagai macam kondisi tersebut maka potensi seseorang terkena serangan jantung sangat besar karena terjadi gangguan aliran darah Yang menuju otot jantung.

4. Sulit tidur
Sulit tidur juga akan dirasakan oleh para pengguna narkoba. Hal ini terjadi karena konsentrasi ganda yang terdapat pada narkoba sangat tinggi. Itu akan berdampak pada seseorang menjadi sulit tidur karena rasa gelisah menyelimutinya. Para pengguna narkoba akan mengalami kesulitan tidur sehingga tidur kurang nyenyak. Waktu istirahat mereka juga akan menjadi lebih sedikit atau bisa dikatakan kurang. Kualitas tidur mereka juga akan tidak akan baik.

5. Dehidrasi
Dampak yang selanjutnya dari penyalahgunaan narkoba yaitu dehidrasi. Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan sehingga terjadi dehidrasi. Selain itu kondisi dehidrasi ini biasanya juga diikuti dengan adanya ketidakseimbangan pada elektrolit dalam darah. Dari adanya dehidrasi ini ada kemungkinan buruk lainnya yang dapat terjadi. Seperti contohnya yaitu hilangnya konsentrasi kejang yang dapat mematikan serta bisa juga terjadi serangan panik.

6. Kematian
Dampak dari penyalahgunaan narkoba yang paling fatal yaitu kematian. Dari semua dampak yang sudah tertera di atas dapat menjadi resiko tinggi seseorang terkena dampak paling fatal yaitu kematian. Saraf pada otak yang mengalami gangguan dapat menjadi salah satu bentuk dampak paling fatal dari penyalahan narkoba. Otak yang sangat berperan penting bagi tubuh ini tentu akan memberikan efek buruk jika mengalami gangguan. Resiko seseorang terkena penyakit atau bahkan hingga terjadi kematian sangatlah beresiko tinggi dan mengalami peningkatan.

Itulah beberapa dampak yang dapat dirasakan dari penyalahgunaan narkoba. Bahkan dampak fatal yaitu dapat berujung hingga kematian. Untuk itu hindarilah pemakaian narkoba yang tidak sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*


Do NOT follow this link or you will be banned from the site!